MANFAAT AKTIFITAS FISIK UNTUK KESEHATAN

MANFAAT AKTIFITAS FISIK UNTUK KESEHATAN

 Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dilakukan secara sadar dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan pengeluaran energi. Aktivitas fisik mencakup semua aktivitas, dengan intensitas apa pun, yang dilakukan setiap saat.   Aktifitas bergerak sangat penting karena dapat membantu dalam pencegahan sekaligus pengobatan penyakit. Sehingga aktifitas bergerak dapat dijadikan untuk gaya hidup sehat. Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan latihan fisik atau olah raga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Beberapa contoh aktifitas fisik yang bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan seperti contohnya olahraga, berjalan, berenang, berlari, bersepeda, hingga latihan kardio. Aktifitas fisik Tidak hanya terbatas pada olahraga tertentu saja, tetapi berbagai aktivitas rutin yang biasa dilakukan , seperti mengerjakan pekerjaan rumah ( memasak , menyapu, mengepel lantai dll). Aktifitas fisik tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja tapi bermanfaat pada kesehatan mental.

                  Beberapa Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh antara lain :

                 1.  Mengontrol berat badan ideal

 Tak bisa dipungkiri, sudah pasti semua orang mendambakan untuk memiliki berat badan ideal. Karena dengan memiliki berat badan                              ideal akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Apabila kita kurang melakukan aktifitas bergerak pasti dapat mengakibatkan                        kenaikan berat badan atau kegemukan. Banyak penelitian menunjukkan kaitan antara tubuh yang kurang gerak dengan kenaikan                                  berat   badan dan kegemukan.  Sebaliknya, semakin banyak bergerak, maka semakin banyak manfaat aktivitas fisik yang dapat                                          dirasakan. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang meningkat sehingga dapat menjaga berat badan tetap  ideal.

                   2.  Menurunkan risiko penyakit berbahaya

   Apabila tubuh yang kurang gerak dapat menyebabkan menumpuknya kalori dan timbunan lemak dalam tubuh. Hal inilah yang dapat                           meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya dan berakibat pada kematian. seperti penyakit jantung                                                   koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga stroke.  Aktivitas fisik dapat membantu meraih berat badan ideal sehingga                                     menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat seperti                             mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.  

                  3.  Menjaga kesehatan tulang dan otot

   Mengkombinasikan asupan protein dengan jenis olahraga tertentu, misalnya angkat beban, dapat merangsang pembentukan otot.                                Dengan latihan fisik tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan penyerapan asam amino oleh otot sehingga massa                                dan kekuatan otot terjaga. Otot yang lemah akan menyebabkan mudah terkena cedera. Selain itu, manfaat latihan fisik juga dapat                                  meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis pada saat lanjut usia.

                 4.  Menjaga kesehatan kulit

 Olahraga teratur dalam batas yang wajar dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan antioksidan alami dan meningkatkan sirkulasi                          darah. Hal ini dapat menjaga kesehatan sel kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

                  5. Menjaga kesehatan otak

Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen pada otak. Hal ini mampu                                        meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kemampuan berpikir, dan mengingat.

                  6. Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Aktifitas fisik seperti olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Sel-sel kekebalan                        tubuh bekerja secara efektif dan meningkatkan aliran darah, dan peradangan, serta  memperkuat antibodi.

 

                  Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan mental antara lain

                 1.  Mengurangi Kecemasan dan mengendalikan stress.

Aktivitas fisik dapat memicu berbagai senyawa kimia otak yang dapat menurunkan perasaan gelisah. Serta dapat menimbulkan                                       perasaan  lebih bahagia dan rileks dengan melakukan beragam aktivitas fisik.

                 2. Meningkatkan rasa percaya diri

 Aktivitas fisik dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat sehingga tampak lebih menarik. Tentunya, hal ini menumbuhkan                            serta   meningkatkan rasa percaya diri dan lebih menghargai diri sendiri.    Aktifitas fisik  seperti berolahraga sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur  serta berkelanjutan. Pilihlah jenis olah raga yang  paling sesuai dengan kemampuan  dan kebutuhan kita masing-masing. Sehingga dengan melakukan aktifitas fisik yang baik dan benar ,  pasti akan memperoleh berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Dan jangan Konsultasikan dengan dokter jika memiliki  kondisi medis tertentu, sebelum mulai melakukan berbagai aktivitas fisik.

                 Semoga bermanfaat……………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Tags:

Bagian Pengembangan

Bagian Pengembangan dan Kemitraan RSUD Kabupaten Nunukan

0 Komentar
Tinggalkan Komentar